Misteri- Fakta Unik Sumur Zamzam Berdasarkan Penelitian Para Ahli

Ada beberapa fakta unik sumur Zamzam berdasarkan penelitian para ahli yang perlu kita ketahui. Zam-zam adalah bahasa Arab yang artinya melimpah ruah. Bagi masyarakat muslim, air ini dianggap suci. Air ini berasal dari mata air yang terletak di sekitar Masjidil Haram dengan kedalaman 42 meter.
Mengapa air ini disebut dengan air suci?, itu ada kaitannya dengan riwayat Siti Hajar istri dari Nabi Ibrahim, yang terus berlari antara Bukit Safa dan Bukit Marwah guna mencari air untuk anaknya Ismail. Air zam-zam ini walaupun terus menerus dikonsumsi dan diambil namun tidak pernah habis-habis, dan tidak pernah mengalami kekurangan.
Fakta Unik Sumur Zamzam Berdasarkan Penelitian Para Ahli
Tentang Sumur Zam-Zam
Sumur ini sendiri memiliki kedalaman awal sekitar 30,5 meter. Sedangkan dasar dari sumur ini diperkirakan adalah 13.5 meter menembus lapisan aluvium Wadi Ibrahim. Pada lapisan ini sangat berpori, kemudian lapisan batu berpasir. Karena mungkin saja pada jaman dahulu wilayah ini adalah lembah yang pernah dialiri sungai yang kemudian menyimpan cadangan air.
Dibawah lapisan Alluvial Wadi Ibrahim, tepatnya ½ meter ke bawah adalah lapisan pertama air zam-zam. Sedangkan untuk kedalamam sumur ini berhasil menembus lapisan batuan beku Diorit. Jenis batuan ini jarang kita jumpai di tanah air, namun akan sering kita jumpai di tanah Arab ini. Pada bagian atas batuan, terdapat beberapa retakan yang mengandung air.
Sebuah pengujian dilakukan, bahwa ternyata sumur ini dapat mengalirkan 11-18,5 liter / detik. Sedangkan untuk per menit adalah 660 liter / menit atau 40.000 liter / jam. Di dalam sumur ini terdapat celah-celah yang terus memanjang ke arah Hajar Aswad dengan panjang sekitar 75 cm, ketinggiannya mencapai 30 cm, ada juga celah yang menuju arah bukit Shaffa dan Marwa.
Beberapa Penelitian
Ada beberapa peneliti yang meneliti tentang kandungan dari air yang katanya sangat berkhasiat ini. Tentunya para pencinta misteri juga ingin mengetahui tentang kandungan air istimewa ini. Berikut adalah beberapa fakta unik sumur Zamzam berdasarkan penelitian para ahli :
1. Tariq Husain
Adalah seorang insinyur kimia yang ditugaskan oleh Raja Faisal untuk menyelidiki manfaat dan dari mana air zam-zam ini berasal. Karena saat itu Sang Raja sangat gerah dengan perkataan dari salah seorang dokter dari Mesir yang berkata bahwa air zam-zam tidak sehat. Tariq Husain yang kala itu bekerja di pemerintahan pertanian dan sumber air mulai menyelidiki tentang asal muasal air zam-zam. Pada saat pemeriksaan, pria ini sangat terkejut karena sumur ini sangat kecil, 18 x 14 kaki atau 5 x 4 meter. Sedangkan kedalamannya juga tidak terlalu dalam. Hanya saja air ini keluar dari hasil rembesan pasir yang ada di bawah sumur.
2. Dr Hamdi Saif Seorang Ahli Kimia dan Fisika Dari Alexsandria University
Dalam penelitianya Doker ini menyimpulkan bahwa ini adalah minuman permukaan bumi terbaik di dunia. Itu karena zam-zam mengandung elektrolit yang sangat seimbang untuk tubuh manusia. Air ini sangat sempurna, murni dan alami, sehingga aman untuk dikosumsi kapanpun juga. Karena tidak ada kandungan patogen pun dalam minuman ini. Jika dikonsumsi secara rutin, zam-zam dapat membantu proses penyembuhan penyakit ginjal, jantung, mata, migrain dan beberapa penyakit lainnya. Itu karena tubuh mendapat mineral penting yang dibutuhkan untuk proses recovery dan metabolisme tubuh.
Manfaat Air Zam-Zam

1. Mengandung anti kuman
Didalam sebuah penelitian air zam-zam ternyata mengandung zat florida, yang dapat membunuh kuman-kuman berbahaya yang biasa hidup di air.
2. Mengandung kalsium
Kualitas kalsium dalam minuman ini juga cukup tinggi, ada juga kandungan garam magnesium. Jika seorang jamaah mengkonsumsi minuman ini maka haus akan hilang dan energi akan segera pulih.
3. Keseimbangan elektrolit
Karena keseimbangan elektrolit yang ada dalam minuman ini, akibatnya rasa haus karena kekurangan cairan tubuh akan dapat diatasi seketika. Zam-zam berbeda dengan minuman lainnya. Ketika diminum, langsung dapat diserap ke dalam tubuh, dan diproses. Akibatnya rasa haus akan hilang, dan cairan tubuh akan terjaga dan cairan yang hilang akan terganti dengan cepat.
4. Rasa air
Walaupun suhu di luar ruangan atau di Mekkah sangat panas, namun kapanpun kita mengkonsumsi zam-zam rasanya tetap segar dan dingin. Itu karena kandungan molekular dalam air ini berbeda dengan air manapun termasuk yang berada di luar Mekkah.
Itu sebabnya dimanapun kita berada air ini selalu tersedia, bahkan ketika kita berada di Masjidil Haram atau ketika kita berada di Masjid Nabawi. Kita tidak perlu takut kehausan ketika sedang beribadah. Air ini cukup untuk menghilangkan dahaga yang kita rasakan. Salah satu keistimewaan dari air zam-zam ini adalah resapan airnya yang panjang dan proses strelirisasi alami yang sangat baik. Membuat air ini tetap terjaga kualitasnya dan tidak akan pernah habis sampai kapanpun. Walaupun proses pengambilan air ini sangat banyak. Itulah beberapa fakta unik sumur Zamzam berdasarkan penelitian para ahli, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : C3pp0t | World Movie Streaming | M B T
Copyright © 2011. Misteri - - All Rights Reserved
Template Editting by C3pp0t Metro
StatsCrop